SEBAGAI HADIAH MALAIKAT MENANYAKAN, APAKAH KAMI INGIN BERJALAN DI ATAS MEGA. DAN KAMI MENOLAK, KARENA KAKI KAMI MASIH DI BUMI SAMPAI PENYAKIT TERAKHIR DISEMBUHKAN, SAMPAI KAUM DHU`AFA DAN MUSTAD`AFIN DIANGKAT TUHAN DARI PENDERITAANNYA
Selasa, 26 Januari 2010

Konsepsi manusia dapat dilihat dari gejala / sifat – sifat dasarnya. Dalam hal ini akan coba dikelompokkan menjadi 6 buah, yaitu :


1.    keAKUan.

Setiap manusia pasti memiliki rasa keAKUan. Rasa keAKUan ini kadang disebut juga sebagai ego / nafsu. Ekspresi rasa keAKUan ini bisa berupa rasa amarah, semangat, hasrat penimbunan, bahkan muthmainah.

Dalam interaksi antara dua / lebih individu manusia pasti akan terjadi proses pengAKUan dan mengAKUi. Artinya setiap individu pasti selalu punya keinginan unuk diakui dan terkadang harus mengakui seseorang atas segala tindakannya.

Norma (Hukum, Agama, Adat) adalah segala sesuatu yang dapat menyuplai terjadinya proses pengAKUan dan mengAKUi sehingga tidak akan terjadi pertentangan – pertentangan antara 2 / lebih individu/kelompok.


2.    keTAHUan.

Rasa keTAHUan inilah salah satu pembeda kita dengan hewan. Seperti kita lihat disekitar kita apabila seekor hewan tidak mengetahui sesuatu maka karena keterbatasan akalna dia tidak akan berusaha mencari tahu. Ini berbeda dengan seorang manusia dimana apabila dia mengalami keTIDAK TAHUan maka manusia dengan ilmu yang dimilik atau dikembangkan oleh akalnya akan segera mencari tahu bahkan dari pencariannya tersebut ia bisa menCIPTA.

Karena itulah seseorang manusia selalu berusaha memenuhi suplai keINGIN TAHUannya dengan berbagai cara apakah dengan sekolah, membaca, meneliti, berpikir, dsb.


3.    keINGINan.

Keinginan juga adalah salah satu pembeda kita dengan hewan. Sekor hewan akan selalu mempunyai keinginan yang ajeg (tetap) seperti kebutuhan seks dan makan. Sedangkan manusia mempunyai banyak keinginan yang berbanding lurus dengan kebutuhan atau gaya hidup yang berkembang, seperti teknologi, budaya, dan popularitas.

Seperti kita ketahui setiap manusia pasti mempunyai banyak keinginan, tapi sudah pasti segala keinginan itu tidak bisa semuanya dipenuhi karena terbentur dengan “realita” sehingga akan terjadi eliminasi – eliminasi dan mengkerucut menjadi KEHENDAK dan dari kehendak inilah keinginan ini akan direalisasikan langsung atau terencana.


4.    Moral.

Moral disini berfungsi sebagai pembatas manusia yang membatasi keinginan dan rasa keakuan. Moral disini bersifat konstruktif (membangun) yang membuat individu menjadi lebih baik dalam hal ini lebih bisa mengendalikan diri.

Moral disini banyak dipengaruhi oleh lingkungan yang mengakibatkan kecenderungan terhadap suatu “world view”. Pengaruh lingkungan terhadap “worldview” ini sangat dipengaruhi oleh ketahanan berpikira dan pola pikir dari seseorang.

Dalam islam kita lebih mengenal moral dengan akhlak yang dalam hal ini moral itu disandarkan oleh landasan wahyu.


5.    Berbudaya.

Budaya selalu ada disetiap kehidupan manusia. Budaya sendiri tercipta atas tuntutan manusia untuk mendapatkan kehidupan yang enak / mudah.

Setiap manusia disetiap zamannya pada masing – masing kelompoknya akan selalu menciptakan kebudayaan. Ini dikarenakan setiap manusia dimodali dengan kecerdasan, Kemampuan mengingat (memori), Kretifitas, Dan kemampuan meramal (bepikir kedepan /  visioner).

Salah satu bentuk budaya itu beuapa IPTEK (budaya bentuk materi) dan konsep – konsep (budaya bentuk imateri)


6.    Bertahan Hidup.

Setiap manusia pasti ingin mempertahankan hidupnya agar bisa hidup lebih lama. Mereka melakukan berbagai cara bisa dengan modifikasi bentuk badan (teori evolusi Darwin) ataupun memodifikasi kehidupan (menciptakan gaya hidup sehat).


Ciri – ciri manusia diatas adalah cirri – cirri dari seseoang manusia yang dapat kita lihat secara langsung disekitar kita. Selain cirri – ciri diatas wahyu allah (al qur`an) juga mengungkapkan cirri – cirri / sifat dasar manusia, yaitu :

1. Selalu Mencari tuhan / ada rasa ingin bertuhan.

2. Selalu menghadapi (entah dilawan atau diikuti) perubahan.

3. Menjadi wakil tuhan dimuka bumi (khilafah dimuka bumi), dimana dia menjadi penguasa bumi.

0 komentar:

Posting Komentar

EVENT

MUSYAWARAH KERJA
IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH FAKULTAS FARMASI PERIODE 2010/2011


Sabtu & Ahad
4 & 5 Maret 2011
13.00 - 18.00 & 09.00 - Selesai
Ruang 204 Kampus III UAD & Wisma Damar

UP-GRADING
IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH FAKULTAS FARMASI PERIODE 2010/2011


Jum'at
4 Maret 2011
13.00 - 18.00
Ruang 303 Kampus III UAD

PELANTIKAN PIMPINAN KOMISARIT IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH FAKULTAS FARMASI PERIODE 2010/2011


Sabtu
5 Februari 2011
16.00
Ruang 203 UAD

FROM ADMIN

Bagi teman - teman yang ingin menyumbangkan tulisan ke dalam blog ini dapat mengirimkannya ke immfarmasiuad@ymail.com.
TERIMA KASIH

Blog Archive